Pesona Candi Tikus Trowulan, Mojokerto

Pesona Candi Tikus Trowulan, Mojokerto – Indonesia merupakan Negara yang kaya akan peninggalan bersejarah, terutama di wilayah Mojokerto, yang merupakan pusat dari kerajaan terbesar di Indonesia. Namun untuk kali ini kita akan membahas akan keindahan candi Tikus, perlu Anda ketahui juga bahwasanya di Mojokerto adalah kota bersejarah, jadi otomatis banyak sekali tempat-tempat bersejarah di kota tersebut. Baiklah kita kembali ke topik, berikut akan kami jelaskan mengenai lokasi sampai sejarahnya.

Pesona Candi Tikus Trowulan, Mojokerto

Pesona Candi Tikus Trowulan, Mojokerto

Lokasi Candi Tikus

Untuk menuju kesana tidaklah sulit karena sudah dibangun jalan beraspal yang besar. tempat berrsejarah ini terletak di Dukuh Dinuk, Desa Temon, Kec Trowulan, Kab Mojokerto, Propinsi Jawa Timur. Kordinat dari lokasi ini adalah 7.5716670 S 112.4036110 E.

Akses dari kota Mojokerto tidaklah jauh, hanya berjarak sekitar 13 kilometer perjalanan ke arah tenggara, Anda akan menjumpai Jandi Tikus. Tepatnya adalah Anda harus melewati Jl Raya Mojokerto – Jombang, setelah bertemu perempatan Trowulan, Anda harus belok kiri. Disini Anda akan bertemu dengan kolam segaran dan juga musium barang barang bersejarah, Anda juga bisa mampir dulu sebelum menuju ke Candi Tikus. Kembali ke topik ya, dari perempatan Trowulan belok kiri kemudian di perempatan pertama, Anda belok kiri dan lurus saja, nanti Anda akan menemukan lokasi Candi Tikustempat bersejarah ini.

Apabila dari Arah Nganjuk atau Jombang, Anda akan melewati peterongan lanjut ke Mojoagung kemudian Anda akan bertemu Gapura, berarti Anda sudah masuk wilayah Trowulan, kemudian lurus saja sedikit Anda akan menjumpai perempatan Trowulan. Dari perempatan Trowulan Anda harus belok kanan kemudian di perempatan pertama, Anda belok kiri dan lurus saja, nanti Anda akan menemukan lokasi tempat bersejarah ini.

Sejarah Candi Tikus

Awal mula ditemukan Candi ini adalah karena warga gerah akan hama tikus setelah ditelusuri ternyata sumber dari tikus tersebut adalah di gundukan tanah. Kemudian warga sepakat untuk membongkar gundukan tanah tersebut, setelah di bongkar ternyata di dalamnya terdapat candi yang bisa dikatakan fungsi dari candi tersebut tidak diketahui fungsinya.

Ditemukannya miniatur Candi ini pada tahun 1914 dan sempat tidak dilanjutkan penggaliannya dan baru mulai digalih lagi pada tahun 1984 sampai tahun 1985. Diberi nama Candi Tikus karena ini merupakan tempat sarang dari tikus yang menyerang tanaman petani warga Temon. Jadilah Candi itu dinamakan Candi Tikus yang sudah cukup terkenal hingga saat ini.

Sampai dengan saat ini belum diketahui secara jelas apa fungsi dari dibangunnya Candi tersebut. Diberikan nama Candi Tikus itupun dari warga sekitar sendiri. Menurut pakar arkeologi bahwa telah disimpulkan kalau Situs bersejarah ini dibangun di Zaman Majapahit sekitar abad ke 13 atau sekitar abad ke 14.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga ini bisa jadi pembelajaran yang sangat bermanfaat untuk Anda. Temukan informasi yang banyak di WarungBerita.com mengenai sejarah, Pesona, Keindahan dan Mitos-motos Candi yang masih berkembang hingga Zaman sekarang ini.

Incoming search terms:

tags: , , , ,

Related For Pesona Candi Tikus Trowulan, Mojokerto