Kolam Segaran Trowulan, Mojokerto

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan peninggalan bersejarah, terutama di wilayah Mojokerto, yang merupakan pusat dari kerajaan terbesar di Indonesia. Namun untuk kali ini kita akan membahas akan keindahan Kolam Segaran, perlu Anda ketahui juga bahwasanya di Mojokerto adalah kota bersejarah, jadi otomatis banyak sekali tempat-tempat bersejarah di kota tersebut. Baiklah kita kembali ke topik, berikut akan kami jelaskan mengenai lokasi sampai sejarahnya.

Kolam Segaran Trowulan, Mojokerto

Kolam Segaran Trowulan, Mojokerto

Lokasi Kolam Segaran

Kolam segaran yang bersejarah ini terletak tidak jauh dari jalan raya Jombang – Surabaya. Tepatnya berada tepat di Duk. Trowulan, Des. Trowulan, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto.

Akses dari kota Mojokerto tidaklah jauh, hanya berjarak sekitar 12 kilometer perjalanan ke arah tenggara, Anda akan menjumpai Jandi Tikus. Tepatnya adalah Anda harus melewati Jl Raya Mojokerto – Jombang, setelah bertemu perempatan Trowulan, Anda harus belok kiri. Kolam segaran berada sekitar 500 meter dari Jl Raya Mojokerto – Jombang.

Apabila dari Arah Nganjuk atau Jombang dan sekitarnya, Anda akan melewati peterongan lanjut ke Mojoagung kemudian Anda akan bertemu Gapura pembatas Andara Kota Jombang dan Mojokerto, berarti Anda sudah masuk wilayah Trowulan, kemudian lurus saja sedikit Anda akan menjumpai perempatan Trowulan. Dari perempatan Trowulan Anda harus belok kanan kemudian dan sampailah.

Tidak jauh dari kolam segaran terdapat pula sebuah museum yang merupakan tempat penemuan – penemuan barang antik peninggalan kerajaan Majapahit. Di museum Anda juga bisa belajar akan sejarah Majapahit dan di museum itu pula Anda dapat menemukan peta yang merupakan peta untuk menuju ke Candi – Candi yang ada di wilayah Trowulan Tersebut.

Sejarah Kolam Segaran

Awal mula ditemukan kolam segaran ini adalah pada tahun 1926, itu pun masih dalam keadaan teruruk tanah, hampir tidak kelihatan. Penemu dari kolam tersebut adalah arsitek berdarakan warga Negara belanda yang memiliki nama Ir. Henri Maclaine Pront, masyarakat trowulan sendiri tidak menyadari kalau ada kolam disitu,

Kemudian kolam dilakukan pemugaran pada tahun 1966, namun pemugaran yang dilakukan hanya sekedarnya saja, belum keseluruan. Di tahun 1974 barulah team melakukan pemugaran secara total dan waktu pemugaran koloam cukup lama sekali yaitu 10 tahun.

Belum diketahui secara pasti fungsi dari kolam peninggalan kerajaan Majapahit ini, tapi menurut masyarakat sekitar ini merupakan kolam untuk menjamu atau sebagai tempat rekreasi para tamu. Cerita rakyat mengatakan itu merupakan tempat pembuangan piring, sendok, mangkuk dan gelas usai para tamu selasai menggunakan, konon itu merupakan peralatan makan yang terbuat dari emas. Dilakukan seperti itu karena kerajaan majapahit ingin menunjukkan ke tamu akan kayanya kerajaan Majapahit ini.

Namun apabila dianalisa secara logika kolam ini diduga sebagai waduk untuk mengairi sawah – sawah sekitar. Kenapa seperti itu karena ada salular – saluran air yang masuk dan keluar yang menuju ke kolam tersebut.

Sementara ada peneliti lain mengatakan kolam segaran ini difungsikan untuk menambah kelembaban Kerajaan Majapahit supaya menjadi sejuk. Dengan berdirinya kolam segaran ini menunjukkan bahwa Kerajaan Majapahit merupakan Kerajaan yang baik dalam beradaptasi dengan lingkungan.

Seperti yang ada dikitab Negarakertagama Pupuh VII:5.3. kolam segaran diperkirakan merupakan Telaga, itulah kata para arkeologi. Bahkan mitos mengatakan Kolam tersebut digunakan Patih Gajah Mada sebagai tempat menggambleng pasukannya

Luas Kolam Segaran

Kolam Segaran merupakan kolam kuno terbesar di Indonesia, Kolam segaran memiliki panjang 375 M, lebar 175 m. sedangkan untuk tebal dinding mencapai 1.60 m dan kedalaman 2.88 m.

Kolam Segaran ini dibuat oleh tumpukan batu bata tanpa ada lem, untuk menghubungkan batu satu dengan yang lain yaitu dengan cara digosokkan satu dengan yang lain sampai rata. Meskipun musim panas air kolam ini tidak bisa habis atau kering.

Selain untuk berwisata, warga sekitar memanfaatkan kolam ini sebagai area memancing. Biarpun setiap hari dipanjing, ikan dari Kolam Segaran tidak akan habis, bahkan beberapa waktu lalu ditemukan ikan yang berkepala buaya.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan semoga ini bisa jadi pembelajaran yang sangat bermanfaat untuk Anda. Temukan informasi yang banyak di WarungBerita.com mengenai sejarah Candi, Pesona Candi, Keindahan Candi dan Mitos-motos Candi yang masih berkembang hingga Zaman sekarang ini.

Incoming search terms:

tags: ,

Related For Kolam Segaran Trowulan, Mojokerto